70 Ribu Orang Sangatta Menggantungkan Hidupnya dari KPC

RADIOWESTsangatta.com,- Kurang lebih 70 ribu-an masyarakat Sangatta menggantungkan hidupnya dari PT.KPC. Mereka adalah karyawan tetap 5.184 orang dan 18.000 karyawan kontraktor serta keluarga yang menjadi tanggungan masing-masing karyawan. Hal tersebut disampaikan oleh Manager External Relation PT.KPC Jordan Ampung pada kesempatan menerima rombongan PWI Pusat yang didampingi oleh PWI Kalimantan Timur dan Kutai Timur di Kantor External Relation PT. KPC,  Kamis 23 November 2017.

Jordan  memaparkan bahwa saat ini KPC mempekerajakan 5.184 Karyawan tetap terdiri dari 93 % laki-laki (4.820 orang  )  dan 7 % perempuan (364 Orang). Karyawan tersebut direkrut di bebarapa tempat. Untuk rekruitmen Sangatta 3.759 orang, Balikpapan 349 orang, Samarinda 218 orang, Jakarta 500 orang dan 133 lainnya melalui recruitmen khusus.

Karena Izin operasional PKP2B PT. KPC dari pemerintah RI akan berakhir di tahun 2021, maka Program Pasca Tambang menjadi fokus perhatian dari Divisi Eksternal Relation, walaupun izin tersebut bisa diperpanjang 2 kali 10 tahun menurut undang-undang, lanjutnya. Program pasca tambang wajib dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mengembalikan fungsi lingkungan areal tersebut, lanjutnya.

Divisi ini khusus bekerja di luar areal tambang dengan memegang prinsip bagaimana  bertetangga yang baik. Karena itu programnya yang dikenal dengan CSR ( Corporate Social Resposibility) bergerak dibidang pemberdayaan dan penguatan kapasitas SDM masyarakat yang bermukim di sekitar areal tambang, serta pemanfaatan ex areal tambang yang sudah direklamasi menjadi produktif , pungkasnya.

Lebih lanjut Jordan mengemukakan bahwa PT.KPC selama ini bekerjasama dengan pemerintah daerah dan masyarakat sekitar dalam menjalankan program CSR. Berbagai usaha percontohan sudah digalakkan seperti di Pusat Peternakan Terpadu (PESAT), budidaya ikan air tawar dan ekowisata di Telaga Batu Arang (TBA) serta Perkebunan Kelapa Sawit di areal ex tambang yang sudah direklamasi. Kegiatan pelatihan dan pendidikan juga menjadi prioritas bagi warga sekitar. (rw-1)

 

Share Button
Be Sociable, Share!